08 Desember 2008

Mainan Anak-anak "Odong-odong"


pada Desember 2008 ini, umur Raihan sudah 1 tahun 5 bulan. di usia ini raihan sudah mengerti bagaimana untuk mengutarakan permintaan atau sesuatu yang diinginkan secara sederhana. karena jika dilihat dari perkembangan bahasanya raihan belum dapat mengucapkan kata-kata dengan jelas.
mainan yang disukai raihan saat ini adalah odong-odong (dari mana asalnya nama ini saya blm mencari lebih lanjut) tapi itulah nama umum yang digunakan. odong-odong sendiri merupakan suatu alat yang digerakkan oleh manusia (sebagai penggeraknya) dengan menggunakan penggerak sepeda yang dimodifikasi sehingga mainan yang dipasang diatasnya (bisa berupa mobil-mobilan atau yang lain) bergerak maju mundur atau berputar. dengan diiringi music dan lagu anak-anak menjadikan mainan ini menarik perhatian anak-anak yang melihatnya.
biasanya, tarif dari mainan ini adalah Rp. 1000 untuk 3-4 lagu (sekitar 4-5 menit). odong-odong juga banyak digunakan orang tua untuk memberikan selingan menghindari kebosanan anak dan sekaligus sambil memberi anak makan (bagi yang susah makan).
saat ini banyak sekali ditemukan didaerah kita mainan odong-odong ini, dan berdasarkan informasi dari pemilik odong-odong, harga mesin (alat) odong-odong ini mencapai Rp. 3-4 juta. tetapi jika dilihat dari kelengkapannya saya rasa harga segini merupakan harga yang wajar, karena ada seperangkat sound sistem beserta batterai (accumulator), 3-4 buah mobil-mobilan, mekanik penggeraknya dan peralatan lainnya.
saya rasa saai ini seiring juga dengan perkembangan zaman, mainan anak-anak juga terus mengalami perkembangan selain odong-odong mungkin ada banyak lagi mainan yang disaat saya kecil dulu tidak ada.
kita patut melestarikan semuanya, karena hal ini juga merupakan sejarah bagi dunia anak khususnya dalam hal alat-alat permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar